Salam Indonesia Tersenyum



Assalamualaikum Wr. Wb. - Om Swastiastu - Namo Buddhaya - Salam Sejahtera

Tak terasa sudah lebih dari 10 tahun sejak Program Indonesia Tersenyum dicanangkan dan terus bergulir hingga kini. Awalnya, pembentukan Indonesia Tersenyum dilandasi oleh tujuan mulia dari Tempo Scan, sebuah perusahaan swasta nasional yang telah memulai usahanya sejak 3 November 1953, yaitu melalui sebuah visi besar mewujudkan "Sisi Cerah Kehidupan Bangsa Indonesia".

Tempo Scan sungguh menyadari bahwa perusahaan beserta seluruh pegawainya bisa Lahir, Tumbuh dan Berkembang adalah karena dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sehingga Program Indonesia Tersenyum bukanlah sekedar sebuah program Corporate Social Responsibility untuk pencitraan semata, namun Indonesia Tersenyum adalah wujud nyata Cinta dan Kasih yang tulus dari Tempo Scan terhadap masyarakat Indonesia.

Pada awal dimulainya Program Indonesia Tersenyum memiliki misi yaitu memberikan bantuan kesehatan kepada golongan masyarakat ekonomi lemah yang memiliki anak dan balita dengan cacat bawaan pada organ maupun anggota tubuhnya, sehingga secara langsung ataupun tidak memengaruhi masa depan mereka.

Misi awal tersebut dilaksanakan sejak tahun 2007 dan saat itu Program Sistem Jaminan Sosial Nasional di bidang Kesehatan ("SJSN") belum terlaksana, sehingga begitu banyak balita dan anak-anak dengan cacat bawaan dari keluarga dengan kemampuan ekonomi lemah terlantar dan tidak memiliki akses untuk mendapatkan bantuan medis terutama yang tergolong serius seperti tindakan operasi infasif.

Sepuluh tahun telah berlalu dan situasi pun berubah, dalam kurun waktu tersebut Program Indonesia Tersenyum telah berhasil membantu pembiayaan perawatan medis termasuk tindakan operasi yang berskala besar untuk sekitar 3.000 balita dan anak-anak dari keluarga dengan kemampuan ekonomi lemah di Nusantara tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras serta golongan.

Seiring dengan perkembangan situasi dimana pelaksanaan SJSN khususnya di bidang Kesehatan telah dijalankan oleh pemerintah dan pelayanaan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan medis termasuk kepada keluarga yang berkemampuan ekonomi lemah semakin membaik, maka Tempo Scan merasa perlu untuk mereposisi Misi dari Program Indonesia Tersenyum.

Misi dari Program Indonesia Tersenyum yang telah direposisi tetap setia pada Visi program tersebut yaitu Mewujudkan Sisi Cerah Kehidupan Bangsa Indonesia. Misi baru tersebut difokuskan menjadi memberikan bantuan gizi baik serta menggiatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada keluarga dengan kemampuan ekonomi lemah. Sehingga anak yang kurang gizi dapat tumbuh optimal dan berperan membangun masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik.

Misi baru Program Indonesia Tersenyum memiliki fokus utama pada perbaikan gizi bagi anak dari keluarga dengan kemampuan ekonomi lemah, karena anak tersebut adalah generasi penerus bangsa dan tanpa partisipasi mereka maka tidak akan mungkin terwujud Sisi Cerah Kehidupan Bangsa Indonesia. Selain itu Tempo Scan memandang bahwa perbaikan gizi akan membantu anak Indonesia untuk merealisasikan cita-cita mereka, sehingga diharapkan Program Indonesia Tersenyum akan menjadi sebuah katalis untuk menyetarakan kesempatan anak-anak Indonesia (Democratization Of Indonesian Children Opportunities).

Kesetaraan kesempatan bagi Anak Indonesia dari keluarga dengan kemampuan ekonomi lemah juga senyawa dengan nilai luhur (core value) Tempo Scan yang salah satunya adalah "Kesetaraan Kesempatan" dimana perusahaan tidak membedakan pegawainya berdasarkan latar belakang sosial, suku, agama dan ras mereka, sehingga semua pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berkarir di perusahaan berdasarkan kerja keras dan kompetensi mereka masing-masing.

Perwujudan nyata dari nilai luhur tersebut serta nilai luhur Tempo Scan lainnya yaitu "Bermanfaat" serta "Keterjangkauan" terletak pada produk-produk Tempo Scan yang mengedepankan kualitas serta didukung oleh harga yang terjangkau, produk-produk tersebut dihasilkan oleh putra-putri Bangsa Indonesia dan telah terbukti mampu menjadi tuan rumah di bumi pertiwi dan sudah memberikan manfaat bagi puluhan juta konsumen Indonesia.

Demikian penjelasan serta penjabaran saya tentang Program Indonesia Tersenyum semoga bermanfaat dan dapat memberikan gambaran tentang pelaksanaan program tersebut baik yang telah dilaksanakan maupun misi baru program yang akan segera direalisasikan. Semoga harapan Tempo Scan mewujudkan sisi cerah kehidupan Bangsa Indonesia bisa tercapai melalui Anak Indonesia yang memperoleh gizi baik hingga bisa meraih jenjang pendidikan tinggi dan memiliki ahklak yang mulia.

Saya memohon doa dan dukungan dari segenap lapisan masyarakat Indonesia untuk menyukseskan Program Indonesia Tersenyum yang akan dibiayai oleh Tempo Scan dengan menyisihkan sebagian dari hasil penjualan produk-produk vidoran, bodrex, bodrexin, hemaviton dan lainnya, sehingga peran saudara/ri di seluruh tanah air Indonesia sangat membantu kesuksesan Program Indonesia Tersenyum.

Wassalamualaikum Wr. Wb. - Om Shanti Shanti Shanti Oom - Namo Buddhaya - Salam Sejahtera

HANDOJO S. MULJADI
Presiden Direktur PT Tempo Scan Pacific, Tbk.

Program ini didukung oleh: